Deskripsi Artikel

Di kalangan masyarakat khususnya bagi orang kota tentu sering menemukan bahkan menginjak ubin yang memiliki permukaan yang memiliki corak seperti sekumpulan bulatan-bulatan kecil maupun berupa pola persegi yang memanjang.

Lantai yang mempunyai tekstur maupun pola seperti ini bukan hanya digunakan sebagai ornamen yang berfungsi untuk memperindah tatanan kota semata, namun ubin ini mempunyai fungsi yang lebih penting dari pada hal itu, yaitu berfungsi untuk menyokong dalam memandu maupun mengarakan penyandang disabilitas ke julur yang lebih aman dan juga untuk mempermudah menuju tempat tujuan.

Nah keramik yang bertekstur seperti ini sering disebut dengan sebutan guiding block tau juga disebut dengan tactile paving. Tactile paving ini jalur disabilitas yang dapat dimaknai sebagai keramik atau ubin yang mempunyai pola diatas permukaannya yang bermanfaaat untuk membantu para penyandang disabilitas untuk menemukan jalur yang lebih aman untuk mereka berjalan dan juga menompang penyandang disabilitas tersebut dalam menuju lokasi tujuan mereka.

Begitu banyak kegunaan dari guiding block ini salah satu nya sebagai ubin atau keramik yang memiliki teksture yang dipakai untuk membantu memberikan kemudahan pada pejalan kaki yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya tunanetra.

Pengertian guiding block. 

Guiding block merupakan salah satu ubin atau keramik yang saat ini cukup mudah ditemukan di daerah perkotaan sebagai fasilitas yang diberikan oleh pihak pemerintah baik difasilitas yang berupa bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Tactile paving block jalur pemandu tunanetra ini sudah banyak dipasang khususnya di daerah perkotaan besar seperti tactile guiding block di kota Jakarta, Surabaya,Yogyakarta,Semarang,Surakarta, Kalimantan ,Medan, Bali, dan kota –kota besar lainnya diseluruh indonesia.

Walapun sudah banyak terpasang di kota-kota, ternyata masih ada sebagian dari  masyarakat yang kurang faham akan fungsi dan peran dari tactiole paving guiding block tersebut.

Penggunaan tactile paving ini telah popular digunakan di berbagai negara-negara maju bahkan sudah ada aturan perundang-undangan yang mengatur tentang itu.dalam pemasanganya juga sudah diatur dalam peraturan menteri pekerjaan umum No 30 tahun 2006  Karena hal ini untuk merealisasi jalan yang baik unyuk penyandang disabilitas.

Fungsi dari guiding block.

Tujuan dari penggunaan tactile guiding block ini digunakan sebagai lantai yang diperuntukan khusus bagi para penyandang disabilitas agar bisa membrikan kenyamanan dan keamanan baik itu bagi penyandang tunanetra, disabilitas maupun bagi orang lainnya yang memiliki kebutuhan khhusus.

Selain itu ada beberapa kegunaan dari penerapan guiding block tactile paving ini antara lain : untuk membantu memandu berjalan para penyandang disabilitas, pola atau garis-garis lurus tersebut berfungsi untuk menyokong dalam memandung penyadang tunanetra, memberikan ketenangan bagi pejalan kaki khususnya penyandang disabilitas ketika berjalan, memperindah tatanan kota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Garpu taman gagang kayu / Besi

Garpu Taman Garpu Injak Gagang Kayu / Besi 4 Jari

Diberi nama garpu karena benda ini mempunyai bentuk yang cukup sama dengan garpu yang sering digunakan untuk makan. Yap, garpu taman besar ini memiliki pegangan
BACA SELENGKAPNYA →

Mesin Giling Daging Terbaru Kualitas Premium

Mesin Giling Daging Terbaru – Daging merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi pilihan utama bagi banyak orang di seluruh dunia. Memasak hidangan yang lezat
BACA SELENGKAPNYA →
Jual Wajan Crepes

Jual Wajan Crepes Bahan Berkualitas

Jual Wajan Crepes – Jajanan Crepes merupakan salah satu jajanan yang banyak di gandrungi saat ini. Banyak pelaku usaha yang terjun dan berhasil dari usaha
BACA SELENGKAPNYA →