Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel dan Tunanetra

Deskripsi Artikel

Guiding block ubin jalur difabel merupakan suatu jenis ubin yang terdiri dari penanda atau marka khusus yang dipasang pada lantai dengan tujuan untuk membantu difabel dalam berjalan dan berorientasi. Guiding block ini biasanya terbuat dari bahan beton, batu alam, atau bahan lain yang kokoh dan tahan lama. Guiding block ubin jalur difabel umumnya digunakan di tempat-tempat umum seperti trotoar, stasiun kereta api, bandara, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya yang digunakan oleh orang dengan difabel.

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Guiding block ubin jalur difabel memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

1. Memudahkan difabel dalam berjalan dan bergerak

Guiding block ubin jalur difabel memberikan petunjuk visual dan taktis bagi difabel sehingga mereka dapat berjalan dan bergerak dengan lebih mudah dan aman. Guiding block ini memberikan sinyal bagi pengguna dengan difabel tentang arah yang harus diambil, serta memberikan informasi tentang rintangan atau perubahan tingkat jalan yang mungkin harus dihindari.

2. Membantu difabel dalam berorientasi

Guiding block ubin jalur difabel juga membantu difabel dalam berorientasi, terutama dalam situasi yang baru atau tidak familiar. Guiding block ini memberikan petunjuk visual dan taktis tentang arah yang harus diambil, serta memberikan informasi tentang perubahan arah atau pergantian jalur.

3. Meningkatkan aksesibilitas

Guiding block ubin jalur difabel juga berperan penting dalam meningkatkan aksesibilitas bagi difabel di tempat-tempat umum. Dengan adanya guiding block ini, difabel dapat lebih mudah dan nyaman mengakses fasilitas umum seperti trotoar, stasiun kereta api, bandara, dan pusat perbelanjaan.

4. Mengurangi risiko kecelakaan

Guiding block ubin jalur difabel juga membantu mengurangi risiko kecelakaan bagi pengguna dengan difabel. Dengan adanya guiding block ini, difabel dapat lebih mudah dan aman berjalan dan bergerak di tempat-tempat umum yang padat dan sibuk.

5. Menyediakan jalur khusus bagi difabel

Guiding block ubin jalur difabel juga menyediakan jalur khusus bagi difabel di tempat-tempat umum. Dengan adanya jalur khusus ini, difabel dapat lebih mudah dan nyaman berjalan dan bergerak, tanpa harus bersaing dengan pengguna lainnya.

Pentingnya Menggunakan Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur untuk Difabel

Penggunaan guiding block ubin jalur difabel sangat penting dalam meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi pengguna dengan difabel. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk menggunakan guiding block ini

1. Meningkatkan kemandirian difabel

Guiding block ubin jalur difabel dapat membantu meningkatkan kemandirian difabel dalam berjalan dan bergerak di tempat-tempat umum. Difabel dapat lebih mudah dan aman berjalan tanpa perlu bantuan dari orang lain. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebebasan bagi difabel.

2. Menunjukkan inklusivitas dan kepedulian terhadap difabel

Penggunaan guiding block ubin jalur difabel juga dapat menunjukkan inklusivitas dan kepedulian terhadap difabel. Dengan adanya guiding block ini, difabel merasa dihargai dan diakui keberadaannya di masyarakat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kebutuhan dan hak difabel di masyarakat.

3. Mematuhi undang-undang dan regulasi

Penggunaan guiding block ubin jalur difabel juga penting dalam mematuhi undang-undang dan regulasi yang berkaitan dengan aksesibilitas bagi difabel. Banyak negara, termasuk Indonesia, memiliki undang-undang dan regulasi yang mengharuskan adanya aksesibilitas yang memadai bagi difabel di tempat-tempat umum. Dengan adanya guiding block ini, tempat-tempat umum dapat memenuhi kewajibannya untuk memberikan aksesibilitas bagi difabel.

4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Penggunaan guiding block ubin jalur difabel juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat-tempat umum. Difabel dapat lebih mudah dan cepat berjalan dan bergerak, sehingga dapat menyelesaikan tugas atau aktivitas dengan lebih efisien. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas di tempat-tempat umum.

5. Membantu promosi tempat-tempat umum

Penggunaan guiding block ubin jalur difabel juga dapat membantu promosi tempat-tempat umum. Tempat-tempat umum yang memiliki aksesibilitas yang memadai bagi difabel, termasuk penggunaan guiding block ini, dapat menjadi pilihan utama bagi difabel untuk melakukan aktivitas atau berkunjung. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung dan reputasi tempat-tempat umum.

Cara Pemasangan Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel Tunanetra

Pemasangan guiding block ubin jalur difabel harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan standar yang telah ditetapkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan guiding block ini antara lain:

1. Memilih bahan yang kokoh dan tahan lama

Guiding block ubin jalur difabel harus terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, seperti beton atau batu alam. Bahan yang dipilih harus mampu menahan beban pengguna dengan difabel dan tahan terhadap cuaca dan penggunaan jangka panjang.

2. Menentukan ukuran dan jarak antar guiding block

Ukuran dan jarak antar guiding block ubin jalur difabel juga perlu diperhatikan dalam pemasangan. Ukuran guiding block harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan jarak antar guiding block harus cukup agar pengguna dengan difabel dapat menggerakkan kursi roda atau tongkat dengan mudah.

3. Menentukan pola dan arah jalur

Pola dan arah jalur guiding block ubin jalur difabel harus dirancang dengan hati-hati agar mudah diikuti dan tidak membingungkan bagi pengguna dengan difabel. Jalur guiding block juga harus mengarah ke tempat-tempat umum yang paling sering dikunjungi oleh difabel, seperti toilet dan lift.

4. Memperhatikan kontras warna

Kontras warna antara guiding block ubin jalur difabel dan lantai sekitarnya juga perlu diperhatikan dalam pemasangan. Warna guiding block harus cukup kontras dengan warna lantai sekitarnya agar mudah dikenali oleh pengguna dengan difabel yang memiliki masalah penglihatan.

Guiding block ubin jalur difabel adalah fasilitas yang sangat penting bagi difabel dalam meningkatkan aksesibilitas di tempat-tempat umum. Penggunaan guiding block ini dapat membantu meningkatkan kemandirian, menunjukkan inklusivitas dan kepedulian terhadap difabel, mematuhi undang-undang dan regulasi, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta membantu promosi tempat-tempat umum. Pemasangan guiding block ini harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan standar yang telah ditetapkan agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi difabel. Semua pihak, termasuk pemerintah, pengelola tempat-tempat umum, dan masyarakat secara umum, perlu berperan aktif dalam memastikan bahwa aksesibilitas bagi difabel terpenuhi dengan baik di masyarakat.
Pemerintah dapat memperketat regulasi terkait aksesibilitas dan memberikan insentif bagi pengelola tempat-tempat umum yang mematuhi standar aksesibilitas. Pengelola tempat-tempat umum juga dapat meningkatkan aksesibilitas dengan menyediakan pelatihan bagi karyawan dan petugas keamanan tentang cara memberikan pelayanan yang baik kepada difabel, serta memperbaiki fasilitas-fasilitas yang tidak memenuhi standar aksesibilitas.

Masyarakat secara umum juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan aksesibilitas bagi difabel dengan memperhatikan kebutuhan difabel dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan bantuan kepada difabel yang membutuhkan, seperti membantu membuka pintu atau menyeberang jalan, serta dengan tidak mengambil alih fasilitas-fasilitas khusus untuk difabel seperti parkir atau toilet.

Dalam era yang semakin inklusif ini, aksesibilitas bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pengelola tempat-tempat umum, tetapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat. Difabel merupakan bagian dari masyarakat yang harus diberikan kesempatan yang sama untuk menikmati fasilitas-fasilitas umum seperti orang lainnya. Penggunaan guiding block ubin jalur difabel merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan aksesibilitas yang lebih baik bagi difabel.

Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk memahami pentingnya guiding block ubin jalur difabel dan bagaimana cara memasangnya dengan benar. Semua orang, tanpa terkecuali, harus berperan aktif dalam menciptakan aksesibilitas yang lebih baik bagi difabel. Dengan begitu, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan menghargai keberagaman.

Kami Futake Indonesia, Jual Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Memiliki aksesibilitas yang baik merupakan hak setiap orang, termasuk bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Sebagai perusahaan yang peduli terhadap kebutuhan aksesibilitas, Kami Futake Indonesia menyediakan berbagai macam produk yang dapat membantu memfasilitasi kebutuhan tersebut. Salah satu produk yang kami jual adalah guiding block ubin jalur difabel.

Guiding block ubin jalur difabel adalah suatu jenis paving block yang memiliki tekstur khusus dan berfungsi sebagai penanda jalur bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik. Guiding block ini biasanya digunakan di area-area publik seperti trotoar, taman, stasiun, bandara, dan gedung-gedung perkantoran yang ramah aksesibilitas. Guiding block ini terdiri dari dua jenis, yaitu guiding block tegak dan guiding block miring.

Guiding Block Tegak dan Guiding Block Miring

Guiding block tegak adalah jenis guiding block yang terdiri dari blok berbentuk kubus dengan sisi sekitar 30 cm. Permukaan atas guiding block ini memiliki tekstur yang kasar dan dapat membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan penglihatan untuk menemukan jalur yang tepat. Guiding block tegak biasanya diletakkan pada bagian pinggir jalur untuk memberikan penanda bagi orang-orang yang menggunakannya.

Sedangkan guiding block miring adalah jenis guiding block yang memiliki kemiringan sekitar 8-10 derajat. Guiding block ini biasanya diletakkan di dekat tempat-tempat yang memerlukan perubahan arah seperti di persimpangan atau di dekat tangga. Kemiringan guiding block miring membantu orang-orang yang menggunakan kursi roda atau tongkat untuk lebih mudah berbelok.

Kenapa Anda Harus Membeli Guiding Block Ubin Jalur Difabel dari Kami Futake Indonesia?

Kami Futake Indonesia telah berpengalaman dalam memasok berbagai jenis produk paving block termasuk guiding block ubin jalur difabel. Kami menyediakan produk yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar keselamatan yang tinggi. Kami juga menyediakan berbagai macam ukuran dan jenis guiding block yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kami Futake Indonesia juga menawarkan harga yang bersaing dan pelayanan yang baik kepada pelanggan kami. Kami selalu berusaha memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan aksesibilitas Anda. Kami siap melayani pemesanan guiding block ubin jalur difabel dalam jumlah besar maupun kecil dengan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Manfaat Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Guiding block ubin jalur difabel memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, diantaranya:

  • Memudahkan orang-orang yang memiliki keterbatasan penglihatan untuk menemukan jalur yang tepat
  • Memberikan peringatan bagi orang-orang yang menginjak jalur yang salah
  • Membantu orang-orang yang menggunakan kursi roda atau tongkat untuk berbelok dengan lebih mudah
  • Meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik

Keunggulan Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel Jalur Tunanetra

Guiding block ubin jalur difabel memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih baik daripada jenis penanda jalur lainnya, diantaranya:

  • Tidak mudah rusak dan tahan lama
  • Tekstur yang khusus dan mudah dirasakan
  • Tahan terhadap cuaca dan cenderung tidak licin saat basah
  • Mudah untuk dipasang dan diperbaiki

Bagaimana Cara Memasang Guiding Block Ubin Jalur Difabel?

Guiding block ubin jalur difabel dapat dipasang dengan cara yang relatif mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang guiding block ubin jalur difabel:

  1. Bersihkan area yang akan dipasang guiding block dari kotoran dan debris
  2. Tentukan lokasi dan posisi guiding block sesuai dengan kebutuhan
  3. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti semen, pasir, dan waterpass
  4. Campurkan semen dan pasir dalam rasio yang tepat dan tambahkan air hingga konsistensi yang baik
  5. Oleskan campuran semen pada permukaan yang akan diletakkan guiding block
  6. Letakkan guiding block dengan posisi yang tepat dan gunakan waterpass untuk memastikan posisinya sejajar
  7. Tunggu campuran semen mengering dan mengeras sebelum digunakan

Guiding block ubin jalur difabel adalah produk paving block yang penting bagi kebutuhan aksesibilitas dan mobilitas orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik. Guiding block ini membantu memudahkan orang-orang yang memiliki keterbatasan penglihatan atau mobilitas untuk menemukan jalur yang tepat dan meningkatkan aksesibilitas di area-area publik. Kami Futake Indonesia menyediakan guiding block ubin jalur difabel berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing dan pelayanan yang baik. Dapatkan guiding block ubin jalur difabel dari Kami Futake Indonesia untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas di area Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Kaki Meja Stainless Custom

Kaki Meja Stainless Custom Berkualitas

Kaki Meja Stainless Custom – Ketika mendesain ruang, elemen-elemen seperti perabotan memiliki dampak besar pada penampilan keseluruhan. Salah satu elemen yang sering diabaikan namun mempengaruhi
BACA SELENGKAPNYA →
Kursi Taman Minimalis yang Tepat

Kursi Taman Minimalis, Menambahkan Sentuhan Modern pada Taman Anda

Menemukan Kursi Taman Minimalis yang Tepat Kursi taman minimalis adalah cara yang sempurna untuk menambahkan sentuhan modern pada ruang terbuka Anda. Namun, dengan begitu banyak
BACA SELENGKAPNYA →
Plang Jalan

Plang Jalan Bisa Custom Desain Menarik

Plang Jalan – Apakah Anda pernah merasa bingung saat mencari alamat atau tujuan yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya? Jika iya, maka Anda pasti tahu
BACA SELENGKAPNYA →