barbel dan dumbel

Deskripsi Artikel

Tidak sedikit yang menganggap bahwa dumbel dan barbel itu sama. Padahal, barbel dan dumbel itu berbeda lho.

Dumbbell atau dumbel serta barbel memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun keduanya sering digunakan untuk latihan beban, namun bentuk keduanya berbeda. Jika Anda masih bingung tentang perbedaan antara dumbbell dan barbell, penting untuk tidak melewatkan informasi berikut ini.

5 Perbedaan Barbel dan Dumbel

Sekilas, dumbel dan barbel memang sama. Akan tetapi, ada 5 perbedaan yang siginifikan yang membedakan antara barbel dan juga dumbel. Perbedaan tersebut ada pada bentuk hingga jenis latihan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan barbel dan dumbbell. 

Agar lebih jelasnya, simak informasi berikut ini:

  1. Bentuk dan Desain:

    • Dumbel: Dumbel adalah sepasang beban yang terpisah, biasanya dengan pegangan di tengah. Setiap dumbel beratnya bisa sama atau berbeda.
    • Barbel: Barbel adalah batang logam panjang dengan beban di kedua ujungnya. Beban-barang ini bisa dilepas dan diganti dengan yang lebih berat atau lebih ringan.
  2. Penggunaan:

    • Dumbel: Dumbel sering digunakan untuk latihan tangan tunggal atau latihan yang memerlukan gerakan bebas tangan, seperti latihan bahu lateral raise atau curl tangan.
    • Barbel: Barbel sering digunakan untuk latihan angkat beban besar atau gerakan komposit, seperti bench press, deadlift, atau squat.
  3. Kelengkungan dan Gerakan:

    • Dumbel: Dumbel memungkinkan gerakan yang lebih bebas dan fleksibel karena setiap tangan bisa bergerak secara independen.
    • Barbel: Barbel lebih cocok untuk gerakan linier dan simetris karena kedua tangan (atau kedua tangan dan kedua kaki) terlibat secara bersamaan.
  4. Stabilitas:

    • Dumbel: Latihan dengan dumbel dapat memperkuat stabilitas tubuh karena memaksa otot-otot stabil untuk bekerja lebih keras agar menjaga keseimbangan.
    • Barbel: Latihan dengan barbel sering melibatkan penggunaan bench atau rack untuk menopang barbel, yang mengurangi kebutuhan akan stabilitas tubuh.
  5. Intensitas Latihan:

    • Dumbel: Dumbel dapat memberikan variasi yang lebih besar dalam intensitas latihan karena mudah untuk menyesuaikan berat beban secara independen untuk setiap tangan.
    • Barbel: Barbel sering digunakan untuk latihan dengan beban yang lebih berat karena beban bersifat terpusat dan didukung oleh lebih banyak otot utama.

Manfaat Dumbel dan Barbel

manfaat barbel dan dumbel
manfaat barbel dan dumbel

Barbel dan dumbel memang berbeda. Akan tetapi, keduanya sama-sama efektif dalam meningkatkan kekuatan, membangun massa otot, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu.

Jika dijabarkan, berikut manfaat dari dumbel ataupun barbel untuk latihan.

Manfaat Dumbel

Dumbel adalah salah satu alat latihan yang sangat serbaguna dan efektif. Penggunaan dumbel dalam latihan memiliki banyak manfaat, termasuk:

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot: Latihan dengan dumbel dapat membantu meningkatkan kekuatan otot di berbagai bagian tubuh, termasuk lengan, bahu, dada, punggung, dan kaki.
  2. Membangun Massa Otot: Dengan variasi latihan yang bisa dilakukan dengan dumbel, Anda dapat membangun massa otot yang seimbang di seluruh tubuh.
  3. Meningkatkan Stabilitas Tubuh: Latihan dengan dumbel sering melibatkan otot-otot stabil untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi, sehingga membantu meningkatkan stabilitas tubuh.
  4. Mengembangkan Koordinasi: Latihan dengan dumbel membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan otot tubuh lainnya, membantu meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi tubuh.
  5. Memungkinkan Latihan Fungsional: Dumbel memungkinkan Anda untuk melakukan latihan yang meniru gerakan sehari-hari atau gerakan fungsional lainnya, seperti mengangkat barang, mendorong, atau menarik, yang dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan fungsional.
  6. Fleksibilitas Latihan: Dumbel memungkinkan variasi latihan yang luas dengan berbagai gerakan, intensitas, dan sudut yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan latihan individu.
  7. Mengurangi Risiko Cedera: Dengan memungkinkan gerakan yang lebih bebas dan fleksibel, dumbel dapat membantu mengurangi risiko cedera dengan memungkinkan tubuh bergerak secara alami dan aman.
  8. Meningkatkan Keseimbangan Sisi Kiri dan Kanan: Penggunaan dumbel tangan tunggal atau latihan dengan dumbel secara unilateral dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan otot antara sisi kiri dan kanan tubuh.
  9. Memungkinkan Latihan di Rumah: Dumbel relatif ringan dan mudah disimpan, sehingga memungkinkan untuk melakukan latihan di rumah tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran.

Manfaat Barbel

Barbel adalah salah satu alat latihan yang sangat efektif dalam membentuk kekuatan, massa otot, dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari latihan dengan barbel:

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot: Latihan dengan barbel memungkinkan Anda untuk melibatkan banyak otot utama sekaligus, sehingga membantu meningkatkan kekuatan secara keseluruhan di seluruh tubuh.
  2. Membangun Massa Otot: Barbel dapat digunakan dalam berbagai latihan angkat beban yang dirancang untuk membangun massa otot, termasuk deadlift, bench press, squat, dan berbagai variasi latihan lainnya.
  3. Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan: Latihan dengan barbel sering melibatkan penggunaan otot-otot stabil dan inti untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh selama gerakan, sehingga membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.
  4. Meningkatkan Kekuatan Tulang: Latihan beban seperti angkat barbel dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, terutama jika dilakukan secara teratur dan dengan beban yang sesuai.
  5. Meningkatkan Metabolisme: Latihan dengan barbel yang intensitasnya tinggi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak, dan membantu dalam penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang sehat.
  6. Meningkatkan Ketahanan: Latihan dengan barbel yang melibatkan beban yang berat dan volume yang tinggi dapat membantu meningkatkan ketahanan otot dan kardiovaskular, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.
  7. Mengurangi Risiko Cedera: Latihan dengan barbel memungkinkan Anda untuk memperkuat otot dan sendi, yang dapat membantu mengurangi risiko cedera, terutama dalam kehidupan sehari-hari atau saat berolahraga.
  8. Peningkatan Kekuatan Fungsional: Latihan dengan barbel sering melibatkan gerakan yang meniru aktivitas sehari-hari atau gerakan fungsional lainnya, seperti mengangkat, mendorong, atau menarik, sehingga membantu meningkatkan kekuatan fungsional.
  9. Adaptasi yang Mudah: Barbel memungkinkan penyesuaian beban yang cepat dan mudah, sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan latihan sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan latihan Anda.

Beli Barbel dan Dumbel untuk Latihan

Anda sudah tahu perbedaan dan manfaat dari barbel dan dumbel. Nah, agar Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari latihan menggunakan dumbel dan barbel, maka Anda perlu memiliki kedua alat olahraga tersebut. Cara paling mudah adalah dengan membeli langsung di Futake.

Di tempat kami, Anda bisa memilih dumbel dengan berat yang sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya 1 kg, 12 kg hingga beban barbel 20 kg. Karena banyaknya pilihan dumbel dan barbel di Futake, maka Anda perlu bijak memilih.

Semua produk olahraga yang kami miliki terbuat dari bahan besi cor dengan finishing yang halus. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika berlatih otot menggunakan dumbel dan barbel dari Futake karena produknya pun tahan lama.

Jika Anda masih bingung, Futake akan dengan senang hati membantu Anda. Anda hanya perlu untuk menghubungi kami di nomor 0813-7799-0055 atau 0822-2999-2299. 

Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik dari Futake spesial untuk Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Harga Tiang lampu Jalan Denpasar

Tiang lampu Jalan Denpasar Harga Lebih Murah

Tiang lampu Jalan Denpasar – Pada jalanan kota maupun untuk kawasan taman akan tampak lebih cantik dan berseni jika diberikan suatu pelengkap seperti tiang lampu
BACA SELENGKAPNYA →
Slump Test Beton

Slump Test Beton Harga Terjangkau Kualitas Terjamin

Slump test adalah salah satu uji laboratorium yang digunakan untuk mengukur konsistensi beton. Uji ini dilakukan dengan cara mengeksekusi beberapa tahap yang memungkinkan untuk menentukan
BACA SELENGKAPNYA →
Jual Alat Pengiris Bawang Otomatis

Jual Alat Pengiris Bawang Otomatis dan Mudah Digunakan

Jual Alat Pengiris Bawang Otomatis – Bawang goreng merupakan salah satu pelengkap kuliner yang tidak hanya menyedapkan rasa, tetapi juga memberikan aroma yang menggoda selera.
BACA SELENGKAPNYA →